Perawatan Motor Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Merawat motor itu cuma butuh niat aja sebenarnya. Nggak harus selalu di bengkel, ada perawatan ringan yang masih bisa dilakukan sendiri di rumah. Ini beberapa diantaranya :

1.Busi

Salah satunya, Sobat bisa mengecek sendiri kondisi busi motor. Untuk motor naked bike dan cub, membuka busi merupakan perkara yang sederhana, busi bisa dibuka tanpa membuka cover body.

Sementara itu, untuk pengguna skuter matik, membuka busi sedikit lebih sulit. Sobat harus membuka cover body di bawah jok. Tapi, sebenarnya hanya butuh obeng saja untuk membuka baut-baut pengunci cover itu.

Setelah cover terbuka, gunakan kunci busi untuk mencopot busi dari mesin. Kemudian Sobat lihat warna ujung busi. Kalau warnanya sudah hitam, berarti busi sudah harus diganti. Jangan paksakan tetap menggunakan busi yang sudah hitam ujungnya, bisa-bisa motor mogok di tengah jalan, Sob.

2.Rantai

Perawatan lain yang bisa Sobat lakukan di rumah, yakni mengatur keregangan rantai. Tentunya ini berlaku untuk motor sport atau cub, karena skutik menggunakan van belt di bagian CVT (Continous Variable Transmission).

Jika rantai sudah kendur, segera kencangkan dengan cara mengendurkan baut roda, kemudian menyetel mur di swing arm. Kekencangan mur swing arm kiri dan kanan harus seimbang, agar posisi roda tetap presisi. Jangan lupa beri pelumas rantai agar rantai terlindung dari karat.

3.Rem

Berikutnya, cek kinerja rem. Untuk rem cakram, pastikan volume minyak rem masih normal. Tambahkan minyak rem yang punya spesifikasi sesuai rekomendasi pabrik kalau volume-nya sudah berkurang jauh.

Pada rem tromol, Sobat dapat mengatur jarak main rem. Caranya, setel mur pengunci besi tromol buat mengencangkan atau mengendurkan tekanan rem.

Setel kekencangan rem sesuai kebutuhan Sobat. Kalau dirasa terlalu keras, bisa sedikit dikendurkan agar tangan atau kaki tidak sakit saat menekan tuas rem.

4.Cuci Motor

Selain itu, mencuci motor juga merupakan bentuk perawatan ringan. Mencuci dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di rem, rantai, as roda, dan lainnya.

Kotoran itu sangat mengganggu kinerja komponen-komponen tersebut, Sob. Coba deh rasakan, motor yang habis dicuci akan terasa lebih enteng karena tidak ada lagi kotoran-kotoran yang menyumbat.